Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan sahabatnya.
Ada suatu amalan di bulan Ramadhan yang mesti kita ketahui bersama
demi meraih banyak pahala di bulan tersebut. Amalan tersebut adalah
i'tikaf. Bagaimanakah tuntunan Islam dalam menjalankan i'tikaf di bulan
Ramadhan? Berikut panduan ringkas yang semoga bermanfaat bagi para
pengunjung sekalian. Semoga Allah senantiasa memberkahi.
I’tikaf secara bahasa berarti menetap pada sesuatu. Sedangkan secara
syar’i, i’tikaf berarti menetap di masjid dengan tata cara yang khusus
disertai dengan niat.
Dalil Disyari’atkannya I’tikaf
Ibnul Mundzir mengatakan, “Para ulama sepakat bahwa i’tikaf itu
sunnah, bukan wajib kecuali jika seseorang mewajibkan bagi dirinya
bernadzar untuk melaksanakan i’tikaf.”
Dari Abu Hurairah, ia berkata,
كَانَ النَّبِىُّ -
صلى الله عليه وسلم - يَعْتَكِفُ فِى كُلِّ رَمَضَانَ عَشْرَةَ أَيَّامٍ ،
فَلَمَّا كَانَ الْعَامُ الَّذِى قُبِضَ فِيهِ اعْتَكَفَ عِشْرِينَ
يَوْمًا
“Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam biasa beri'tikaf pada bulan
Ramadhan selama sepuluh hari. Namun pada tahun wafatnya, Beliau
beri'tikaf selama dua puluh hari”.
Waktu i’tikaf yang lebih afdhol adalah di akhir-akhir ramadhan (10
hari terakhir bulan Ramadhan) sebagaimana hadits ‘Aisyah, ia berkata,
أَنَّ النَّبِىَّ -
صلى الله عليه وسلم - كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ
رَمَضَانَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ، ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ
بَعْدِهِ
“Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf pada sepuluh hari
yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian isteri-isteri beliau
pun beri'tikaf setelah kepergian beliau.”
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh
hari terakhir dengan tujuan untuk mendapatkan malam lailatul qadar,
untuk menghilangkan dari segala kesibukan dunia, sehingga mudah
bermunajat dengan Rabbnya, banyak berdo’a dan banyak berdzikir ketika
itu.
I’tikaf Harus Dilakukan di Masjid
Hal ini berdasarkan firman Allah Ta’ala,
وَلَا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ
“(Tetapi) janganlah kamu campuri mereka sedang kamu beri'tikaf dalam masjid”(QS. Al Baqarah: 187). Demikian juga dikarenakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam begitu juga istri-istri beliau melakukannya di masjid, dan tidak pernah di rumah sama sekali. Ibnu Hajar rahimahullah berkata, “Para ulama sepakat bahwa disyaratkan melakukan i’tikaf di masjid.” Termasuk wanita, ia boleh melakukan i’tikaf sebagaimana laki-laki, tidak sah jika dilakukan selain di masjid.
I’tikaf Boleh Dilakukan di Masjid Mana Saja
Menurut mayoritas ulama, i’tikaf disyari’atkan di semua masjid karena keumuman firman Allah di atas (yang artinya) “Sedang kamu beri'tikaf dalam masjid”.
Imam Bukhari membawakan Bab dalam kitab Shahihnya, “I’tikaf pada 10
hari terakhir bulan Ramdhan dan i’tikaf di seluruh masjid.” Ibnu Hajar
menyatakan, “Ayat tersebut (surat Al Baqarah ayat 187) menyebutkan
disyaratkannya masjid, tanpa dikhususkan masjid tertentu”.
Para ulama selanjutnya berselisih pendapat masjid apakah yang
dimaksud. Apakah masjid biasa di mana dijalankan shalat jama’ah lima
waktu ataukah masjid jaami’ yang diadakan juga shalat jum’at di sana?
Imam Malik mengatakan bahwa i’tikaf boleh dilakukan di masjid mana
saja (asal ditegakkan shalat lima waktu di sana, pen) karena keumuman
firman Allah Ta’ala,
وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ
“sedang kamu beri'tikaf dalam masjid”(QS. Al Baqarah: 187). Ini juga menjadi pendapat Imam Asy Syafi’i. Namun Imam Asy Syafi’i rahimahullah menambahkan syarat, yaitu masjid tersebut diadakan juga shalat Jum’at. Tujuannya di sini adalah agar ketika pelaksanaan shalat Jum’at, orang yang beri’tikaf tidak perlu keluar dari masjid.
Kenapa disyaratkan di masjid yang ditegakkan shalat jama’ah? Ibnu
Qudamah katakan, “Shalat jama’ah itu wajib (bagi laki-laki). Jika
seorang laki-laki yang hendak melaksanakan i’tikaf tidak berdiam di
masjid yang tidak ditegakkan shalat jama’ah, maka bisa terjadi dua
dampak negatif: (1) meninggalkan shalat jama’ah yang hukumnya wajib, dan
(2) terus menerus keluar dari tempat i’tikaf padahal seperti ini bisa
saja dihindari. Jika semacam ini yang terjadi, maka ini sama saja tidak
i’tikaf. Padahal maksud i’tikaf adalah untuk menetap dalam rangka
melaksanakan ibadah pada Allah.”
Yang Membatalkan I’tikaf
- Keluar masjid tanpa alasan syar’i dan tanpa ada kebutuhan yang mubah yang mendesak.
- Jima’ (bersetubuh) dengan istri berdasarkan Surat Al Baqarah ayat 187. Ibnul Mundzir telah menukil adanya ijma’ (kesepakatan ulama) bahwa yang dimaksud mubasyaroh dalam surat Al Baqarah ayat 187 adalah jima’ (hubungan intim)
Yang Dibolehkan Ketika I’tikaf
- Keluar masjid disebabkan ada hajat yang mesti ditunaikan seperti keluar untuk makan, minum, dan hajat lain yang tidak bisa dilakukan di dalam masjid.
- Melakukan hal-hal mubah seperti mengantarkan orang yang mengunjunginya sampai pintu masjid atau bercakap-cakap dengan orang lain.
- Istri mengunjungi suami yang beri’tikaf dan berdua-duaan dengannya.
- Mandi dan berwudhu di masjid.
- Membawa kasur untuk tidur di masjid.
Mulai Masuk dan Keluar Masjid
Jika ingin beri’tikaf selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan, maka
seorang yang beri’tikaf mulai memasuki masjid setelah shalat Shubuh pada
hari ke-21 dan keluar setelah shalat shubuh pada hari ‘Idul Fithri
menuju lapangan. Hal ini sebagaimana terdapat dalam hadits ‘Aisyah, ia
berkata,
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ
- صلى الله عليه وسلم - يَعْتَكِفُ فِى كُلِّ رَمَضَانَ ، وَإِذَا صَلَّى
الْغَدَاةَ دَخَلَ مَكَانَهُ الَّذِى اعْتَكَفَ فِيهِ - قَالَ -
فَاسْتَأْذَنَتْهُ عَائِشَةُ
“Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa beri'tikaf pada
bulan Ramadhan. Apabila selesai dari shalat shubuh, beliau masuk ke
tempat khusus i'tikaf beliau. Dia (Yahya bin Sa'id) berkata: Kemudian
'Aisyah radhiyallahu 'anha meminta izin untuk bisa beri'tikaf bersama
beliau, maka beliau mengizinkannya.”
Namun para ulama madzhab menganjurkan untuk memasuki masjid menjelang
matahari tenggelam pada hari ke-20 Ramadhan. Mereka mengatakan bahwa
yang namanya 10 hari yang dimaksudkan adalah jumlah bilangan malam
sehingga seharusnya dimulai dari awal malam.
Adab I’tikaf
Hendaknya ketika beri’tikaf, seseorang menyibukkan diri dengan
melakukan ketaatan seperti berdo’a, dzikir, bershalawat pada Nabi,
mengkaji Al Qur’an dan mengkaji hadits. Dan dimakruhkan menyibukkan diri
dengan perkataan dan perbuatan yang tidak bermanfaat.
Semoga panduan singkat ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Semoga
menjadi ilmu yang bermanfaat dan membuahkan amalan tentunya.
Alhamdulillahilladzi bi ni'matihi tatimmush sholihaat.
Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal
(rumaysho.com)
0 komentar:
Posting Komentar